Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUDIDAYA IKAN KOI

Ditulis oleh: Erdi Sekti.C.

Blitar mempunyai banyak "Potensi Industri Unggulan". Salah satunya, yaitu industri budidaya "Ikan Koi". Tempat Produk unggulan ini terletak di Jl. Veteran, Jl. Dr. Cipto, Jl. Anjasmoro Kota Blitar (tidak jauh dari pusat kota).

Ikan Koi dapat dijadikan sarana hiburan dengan mengamati keindahan warna dan gerakan tubuhnya yang lembut. Tak hanya itu, ikan Koi juga terkenal sangat jinak. Ikan ini sangat beda dengan ikan-ikan lain. Bedanya dengan ikan hias lain ialah letak keindahannya. Bila ikan hias lain sangat indah jika diamati dari samping, tidak demikian halnya dengan ikan Koi, keindahannya justru terletak di punggungnya.

Pemasaran ikan ini bisa sampai keluar kota bahkan ekspor. Karena keindahannya, ikan ini memiliki harga yang bermacam-macam, mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu. Konon menurut cerita, ikan Koi bisa membawa keberuntungan bagi yang memeliharanya. Ya..itu semua tergantung teman-teman percaya atau tidak. Kalau saya sendiri sebenarnya antara percaya dan tidak percaya. Selain dipelihara ikan ini juga bisa dijadikan menu makanan yang cukup enak. Sampai-sampai banyak rumah makan elite yang kadang menyediakan menu ikan ini. Maka dari itu, budidaya ikan Koi di Blitar sangat berpotensi bagi kelangsungan hidup masyarakat setempat. Inilah Artikel Erdi tentang "potensi budidaya ikan koi di Blitar".