Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KERAJINAN BUBUT KAYU

Ditulis Oleh Erdi Sekti.C.

Salah satu produk unggulan dari hasil industri kerajinan bubut kayu yang ada di kota Blitar antara lain kendang sentul atau disebut kendang jimbe, kap lampu, minuman anak-anak dan lain sebagainya. Sentra produksi ini terletak di Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar (Kurang lebih tiga kilometer ke arah Utara dari pusat Kota Blitar.


Blitar tidak kalah dengan kota-kota lain soal kerajinan kayu bubut. Diam-diam kayu bubut di blitar ini juga di ekspor keluar negeri. Harganya mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta. Sangat berpotensi sekali bagi kota Blitar bukan?

Untuk proses penjualannya ke luar negeri tidak dilakukan sendiri oleh perajin atau pedagang Blitar. Wilayah ini memang belum punya eksportir yang mampu melakukan kegiatan tersebut. Untuk transaksi ke luar negeri, pedagang-pedagang dari luar Blitar, khususnya dari daerah yang memiliki eksportir, datang ke workshop mengambil produk-produk tersebut. Selain itu, jalur perdagangan ke luar negeri lainnya adalah transaksi langsung. Para pedagang atau kolektor seni asing datang sendiri ke gerai pamer atau bengkel produk, atau mendapatkannya di galeri-galeri seni di Bali. Pedagang-pedagang dari pulau ini memang banyak yang memesan hasil kerajinan Kota Blitar. Kadang mereka juga memesannya dengan ragam hias atau motif tertentu. Keuntungan dari hal ini adalah perajin Blitar tak perlu mencari sendiri konsumennya, khususnya konsumen luar negeri yang cukup banyak berkunjung ke Pulau Bali. Untuk proses penjualan di Kota Blitar mayoritas di pasarkan ditoko-toko sekitar makam Bungkarno dan tempat-tempat wisata lainnya.

Bagaimana menurut teman-teman semua tentang "Potensi Kerajinan Kayu Bubut Kota Blitar"? Apakah teman-teman ada yang ingin memiliki? Silahkan dipikir dulu! Sekian Artikel Erdi tentang "Kerajinan Kayu Bubut".