Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MAKAM PROKLAMATOR

Ditulis oleh: Erdi Sekti.C.

Blitar, Jawa Timur merupakan tempat dimana "Bapak Proklamator kita dimakamkan". Letak dikota, tepatnnya di Jl.Kalasan no. 1 Blitar. Tempat ini sangat berpotensi sekali bagi kemajuan kota Blitar. Karena dengan adanya makam Bungkarno, selain menambah pedapatan daerah, juga banyak membawa keberuntungan bagi masyarakat Blitar khususnya dan masyarakat luar daerah pada umumnya.


Warga masyarakat sekitar banyak menggantungkan hidupnya dengan berjualan pernak-pernik yang bertemakan tentang "Bapak Presiden I" kita, Seperti: Baju, celana, hiasan rumah, dan bahkan sampai hiasan tubuh kita. Apalagi disana ada sesuatu yang cukup menarik untuk dilihat, yaitu sebuah lukisan Bungkarno yang jantungnya bisa berdetak ( seperti bernafas ). Awalnya saya juga tidak percaya dengan kabar burung yang menebar kemana-mana itu. Karena saya ini termasuk orang yang suka penasaran dan punya rasa ingin tahu tinggi, lalu saya pergi kesana dan terbukti semua benar adanya.

Salah satu tujuan kita kemakam Bungkarno mungkin seperti:
  1. Melakukan ritual atau do'a untuk Bapak kita Soekarno
  2. Belajar di Perpustakaan
  3. Bersantai
  4. dll
Jika kita melakukan ritual atau do'a, bagi yang belum tahu tata caranya, biasanya kita akan di bimbing. Bagi yang sudah mengerti, kita bisa langsung melakukan do'a tanpa harus pembimbing.

Perpustakaan Bungkarno merupakan tempat yang tepat buat pelajar SMA, Mahasiswa maupun orang yang sudah bekerja. Saat ini koleksi buku-buku sudah cukup banyak, mau dari buku cerita, sejarah, bahkan buku umum lainya. Perpustakaan makam Bungkarno sering di jadikan sebagai tempat tujuan "study tour" dari sekolah setempat bahkan luar daerah, salah satu contohnya Malang (teman saya dari malang baru mengadakan study tour ke perpustakaan Bungkarno).

Bersantai di makam Bungkarno cukup buat kita melepas penat juga rasa kangen dan bangga akan jasa-jasa seorang pejuang. Biasanya tempat untuk duduk-duduk yang enak itu, ya di masjidnya itu. Selain kita bisa melihat-lihat pengunjung, kita juga bisa melakukan shalat bersama teman-teman (itu salah satu kebiasaan saya sama teman-teman). Bagi teman-teman yang berminat dan mau mencoba, bisa saja ikuti kebiasaan kita. Baik! Artikel Erdi tentang "MAKAM PROKLAMATOR" cukup segini saja. Selamat menikmati liburan.